Halaman

Minggu, 19 April 2020

Setting Openwrt, Wampp, RaspberryPi kumpul jadi satu

Halo bro, sebelumnya ane ceritain kronologinya begini...


Inget gak dulu ane pernah ngoprek Router Huawei HG55MA yang ane beli bekas murah meriah, terus dioprek masukin Openwrt sekarang begini penampakannya.

Telanjang bro, tenang aja gak akan masuk angin, chip nya panas kok paling juga berdebu. 

Gak jadi masalah kalau ane pakai modem yang nyolok ke USB, karena Router jadi Access Point (AP) jadi semua perangkat yang konek dapet IP dari si Router. 

Karena ane gak punya modem walhasil koneksi internet bersumber dari Handphone (HP) sehingga si Router otomatis jadi Client dan dapet IP dari HP.
Oke jaringan sekarang terpasang seperti ini


Ada dua perangkat yang jadi server local yaitu PC pake wampp dan, Raspberry Pi pake LAMPP ane jadiin server video
plus Si Router juga ada Dashboardnya port 80

Nah adalagi..
Si Router yang nota bene OpenWRT kan ada SSH nya pake Dropbear port 22, 
si Raspberry juga ada SSH port 22 oya ane install juga webmin di port 10000

-- Agak puyeng dikit dah...wkk.

Nah begini masalahnya, ada dua subnet yang beda 192.168.1.xxx dan 192.168.43.xxx, 

?? jangan tanya kenapa gak disamain aja sih...

Oke jadi Intinya ane mau ini semua bisa diakses dari semua perangkat yang terhubung, 
kalau PC konek ke Raspberry sudah oke karena satu subnet, lalu bagaimana kalau dari HP? ternyata gak bisa bro.

Oprek punya oprek begini caranya, ..

?? Kok ngoprek???
++ Karena jujur ane betul-betul baru belajar soal beginian.

lanjut..

Pertama konekan Router dengan HP
Pencet scan setelah terdetect Hotspot HP masukin dah password and done.

Kedua cari tau IP yang dikasih oleh HP di tab Network>interface
Keliatan kan IPnya
Setting Openwrt, Wampp, RaspberryPi kumpul jadi satu

Ketiga Buka tab Network>Firewall
Klik bagian Port forward.

Mulai sekarang semua bisa terhubung, baik localhost server dan juga SSH nya ya..

Catatan kalo mau akses ke Router, PC dan Raspberry aksesnya via IP yang dikasih Hp ke router ya...contoh dari Hp ke Raspberry jadi di Hp ketik 192.168.43.xxx:8080

Ini bagi pengalaman aja, jika ada cara lain yang lebih ciamik silahkan di share ya.
Selamat Ngoprek. 

1 komentar: