Halaman

Minggu, 07 Juni 2020

Installasi Pop Os mengunakan usb installer

Udah lama dengar POP OS dari om bro, dan udah download juga ISO imagenya...iseng2 ah install. USB installer yang ane punya rufus, yumi dan juga win32diskimager oya satu lagi Balena etcher tapi itu sempat coba sesekali saja waktu oprek raspberry dan orange pi, ah udah filenye gede, kudu nginstall tapi gak se-"keren" yang saya rasain dibanding dengan yang lain jadi seringnya pakai yumi. Sudah coba pakai semuanya (rufus, yumi, win32diskimager) masih gagal nginstall POP OS entah apa sebabnya, lagi males gugling.
Tiba-tiba...mas bro sharing usb installer, ventoy namanya meluncur ke tekape dan filenya kecil auto sedot gan. Ini program lumayan ciamik dia gak seperti yang lain yang harus unpack file ISO, ini cukup copy saja dimanapun  taruhnya di FD kita nanti dia detect sendiri, keren!. 😎


Download, install ke FD, copy ISO..tambahin hiren bootcd ah buat jaga-jaga booting dah. Ternyata berhasil ke install tuh POP OS, sebelum-sebelumnya mentok blank screen doang. Tampilan POP OS tau sendiri lah, keliling sebentar, ada installer buat nginstall aplikasi jadi mudah klik sana-klik sini kok agak lambat ya di lepi yang cuma 2 core, RAM 4 GB? langsug balik ke flash disk copy file ISO Parrot OS,  sebetulnya parrot biasanya buat security spesialis tapi kebetulan punya juga ISO nya dan pernah coba versi livenya lumayan enteng.

Selesai copy langsung boot up dan install tunggu sebentar dan eng..in..eng...ternyata katanya dia gak bisa nulis ke master boot record (MBR) terus disuruh nulis sendiri dibagian apa gitu..pan ane gak ngerti linux, udah aja finish isntallation without write mbr, abis reboot ya dia dia blank doang wuahaha. 😂



Kalo tanya sekilas om bro katanya cek HDD kali aja...ane jawab takut ah cek HDD takut kethuan banyak penyakitnya maklum lagi bokek kita anggap aja dia sehat kan intall pop os udah bisa, kenapa pakai parrot gak bisa, wkk pusing dah. ngopi dulu yuk.

Gugling kesono kemari ada yang saranin pakai rufus tapi pakai metode tertentu, pakai etcher dan atau pakai win32win32diskimager...nah pakai rufus ane jarang, pakai etcher ane males pake win32diskimager aja pan udah sering pakai tuh buat install raspbian. cuma ya gitu kalo pakai win32diskimager cuma bisa satu OS gak bisa multiboot dan juga FD kita diformat ama dia. Ah biarin aja, buka win32, cari file ISO parrot, WRITE! tunggu sebentar (cepat lambat tergantung kecepatan nulis di FD kita). 

Colokin, boot up, installasi dan berhasil, keliling sebetar dan emang iya agak lebih cepat dibanding linux manjaro, endless OS yang pernah ane install di laptop ini . Wuhuu..
Jadi deh laptop tembok dengan parrot OS padahal ini nantinya buat bocah..siapa tau nanti dia jago....aamiin.
cekidot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar